Jumat, 25 Januari 2013

Teori : Penyearah Gelombang


1.      Penyearah Setengah Gelombang
Penyearah setengah gelombang merupakan rangkaian penyearah yang paling sederhana, yaitu yang terdiri dari satu dioda.  Gambar 1 menunjukkan rangkaian penyearah setengah gelombang. Rangkaian penyearah setengah gelombang memperoleh masukan dari sekunder trafo yang berupa tegangan berbentuk sinus, vi = Vm Sin wt (gambar 1 (b)).  Vm merupakan tegangan puncak atau tegangan maksimum. Harga Vm ini hanya bisa diukur dengan CRO, sedangkan harga yang tercantum pada sekunder trafo merupakan tegangan efektif yang dapat diukur dengan menggunakan volt meter. Hubungan antara tegangan puncak Vm dengan tegangan efektif (Veff) atau tegangan rms (Vrms) adalah:

Resistansi dioda pada saat ON (mendapat bias maju) adalah Rf, yang umumnya nilainya lebih kecil dari RL.  Pada saat dioda OFF (mendapat bias mundur) resistansinya besar sekali atau dalam pembahasan ini dianggap tidak terhigga, sehingga arus dioda tidak mengalir atau i = 0. Arus yang mengalir ke beban (i) terlihat pada gambar (c) bentuknya arus searah (satu arah) yang harga rata- ratanya tidak sama dengan nol seperti pada arus bolak-balik.  Arus rata-rata ini (Idc untuk penyearah setengah gelombang) secara matematis dinyatakan:
Tegangan keluaran pada beban :
           Vdc = Idc.RL
Apabila harga Rf jauh lebih kecil dari RL, yang berarti Rf bisa diabaikan, maka Vm = Im.RL  sehingga :
Dalam perencanaan rangkaian penyearah, hal penting untuk diketahui adalah harga tegangan maksimum yang diijinkan terhadap dioda. Tegangan maksimum ini sering disebut PIV (peak-inverse voltage) atau tegangan puncak balik.  Hal ini karena pada saat dioda mendapat bias mundur (balik) maka tidak arus yang mengalir dan semua tegangan dari sekunder trafo berada pada dioda.  PIV untuk penyearah setengah gelombang, yaitu :



2.      Penyearah Gelombang Penuh Center Tap

Dengan demikian, D1 dan D2 hidupnya bergantian.  Namun karena arus i1 dan i2 melewati tahanan beban (RL) dengan arah yang sama, maka iL menjadi satu arah. Rangkaian penyearah gelombang penuh ini merupakan gabungan dua buah penyearah setengah gelombang yang hidupnya bergantian setiap setengah siklus, sehingga arus maupun tegangan rata-ratanya adalah dua kali dari penyearah setengah gelombang, yaitu :
Tegangan puncak inverse yang dirasakan oleh dioda adalah sebesar 2Vm.  Pada saat siklus positip, dimana D1 sedang hidup (ON) dan D2 sedang mati (OFF), maka jumlah tegangan yang berada pada dioda D2 yang sedang OFF tersebut adalah dua kali dari tegangan sekunder trafo.  Sehingga PIV untuk masing-masing dioda dalam rangkaian penyearah dengan trafo CT adalah:
3.      Penyearah Gelombang Penuh Bridge

Dengan demikian, arus yang mengalir ke beban (iL) merupakan penjumlahan dari dua arus i1 dan i2. Besarnya arus rata-rata pada beban adalah sama seperti penyearah gelombang penuh dengan trafo CT, yaitu: Idc = 2Im/p = 0.636 Im dan  PIV masing-masing dioda adalah:

15 komentar:

  1. I think most people would agree with your article. I am going to bookmark this web site scr888 casino game free download
    so I can come back and read more articles. Keep up the good work!

    BalasHapus
  2. I was searching for that post scr888 apk all version quick a long time... fortunately I found it on right time...Thanks again for sharing

    BalasHapus
  3. There are certainly a lot of details rapid slim keto pills like that to take into consideration.Like your Posts.Thanks Keep Posting.

    BalasHapus
  4. Another helpful scr888 game post. This is a very nice blog that I will scr888 game download free definitively come back to several scr888 hack apk download more times this year!

    BalasHapus
  5. Its wonderful, 918kiss apk download looking at the time and effort you put 918kiss download android 2019 into your weblog and detailed information you 918kiss apk download 2019 provide. I'll bookmark your weblog and visit it weekly for your new posts.

    BalasHapus
  6. Subsequently, after spending many hours on the internet at last We've uncovered an individual that definitely does know what they are discussing many thanks a great deal wonderful post.

    BalasHapus
  7. Hello, U write some extraordinarily attractive blogs. I always check back here frequently to see if you have updated
    http://www.fotochatter.com/image/Njg1N2FiMTIxB9

    BalasHapus
  8. Ultra Fast Keto Boost receptors and will get rid of awful ldl cholesterol from the blood.
    records approximately familial hypercholesterolemia (HF)
    approximately 1 in 250 people in the world have familial hypercholesterolemia;
    inside the united states of america alone, it's far anticipated that 1.3 million human beings stay with HF.
    https://purefitketodietplan.com/ultra-fast-keto-boost/

    BalasHapus
  9. Before using any foreign substance, seek the advice of a doctor. Go ketogenic See also a video of coach Larissa about ephedrine! According to an article in the Daily Mail, today, nine million people worldwide suffer from intestinal problems of various types.
    https://goketoganic.com/

    BalasHapus
  10. Thanks for the post. Im a big fan of the blog, i've even put a little bookmark right https://www.mega888slots.com/ on the tool bar of my Firefox you'll be happy to find out!

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. yes definitely this type of blogs http://scr888malaysian.com/ are really help for people great job. wow magical you have a great skill,

    BalasHapus
  13. We are specialized in 3D Scanning & Printing in Rotterdam. Utilizing the Artec Eva structured 3d printing Rotterdam light 3d scanning technology, we can capture accurate 3d data of any object ranging from 10cm to 10m with an accuracy level of up to 30 Micrometers (0.3 mm).

    BalasHapus

 
Copyright © . Mad Elektro - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger